Artikel SEO pada Website atau Blog (Review)

Artikel SEO pada Website atau Blog (Review)

Apa itu SEO? Apa kegunaan SEO pada sebuah website atau blog? Bagaimana pengaruh SEO terhadap website atau blog? Baik, sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu SEO.

seo pada artikel website/blog

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti Optimasi Mesin Pencari. SEO adalah suatu usaha mengoptimasi sebuah website atau blog agar dikenali oleh mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) dan disukai oleh pengunjung serta mendapat rangking bagus di halaman pencarian. Untuk mengindex atau mengoptimasi sebuah website atau blog agar dikenali oleh mesin pencari dan disukai oleh pengunjung, SEO adalah salah satu caranya.

SEO terbagi kedalam 2 jenis, yaitu:

SEO on Page

SEO on Page adalah optimasi website atau blog secara internal. Hal-hal yang termasuk SEO on Page adalah:
  • Pengaturan website/blog
  • Pemilihan template
  • Pengenalan website/blog pada mesin pencari
  • Membuat konten bagus dan asli


SEO off Page

SEO off Page adalah optimasi website atau blog secara eksternal. Hal-hal yang termasuk SEO off Page adalah:
  • Menempatkan backlink pada website/blog lain
  • Promosi website/blog di media sosial



Kegunaan SEO pada Website/Blog

SEO sangat berguna bagi Anda seorang blogger yang memiliki sebuah website atau blog. Dengan menerapkan SEO, website atau blog Anda akan mudah dikenali oleh mesin pencari dan mendapat peringkat di hasil pencarian sehingga peluang para calon pengunjung website atau blog Anda semakin besar.

Sebuah website atau blog tidak akan berarti tanpa pengunjung, pengunjung adalah faktor penting dari sebuah website. Sebagus apapun tampilan dan  konten sebuah website atau blog, tidak berarti apa-apa tanpa pengunjung. Pengunjung website atau blog akan lebih mudah didapat jika sebuah website atau blog menerapkan SEO. Website atau blog yang menerapkan SEO biasa disebut SEO Friendly.


Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Sebuah Website/Blog Termasuk SEO Friendly?

Bagaimana caranya  mengetahui apakah sebuah artikel atau website/blog SEO apa tidak? Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencoba melakukan pencarian di mesin pencari, contohnya Google. Anda bisa mengetikkan alamat website/blog Anda, atau apapun hal yang berkaitan dengan website atau blog Anda seperti judul sebuah artikel atau postingan. 

Pertama, saya mencoba mengetikkan judul lengkap salah satu artikel di blog saya. Judul artikelnya adalah: Fungsi Alat Bantu Copy-Paste yang Membunuh Kreativitas. Hasil pencarian seperti gambar dibawah ini:

seo pada artikel website atau blog


Sebelumnya saya telah mencoba menerapkan SEO on Page pada salah satu artikel di blog saya, dan Alhamdulillah, ternyata usaha saya mendapat hasil. Setelah saya mengikuti langkah-langkah menulis artikel SEO on Page dari sebuah website, artikel saya mendapat peringkat pertama di hasil pencarian mesin pencari Google.

Selanjutnya, saya mencoba mengetikkan keyword atau kata kunci dari artikel tersebut. Kata kunci yang saya pakai adalah: copy paste membunuh kreativitas. Hasil pencarian seperti gambar dibawah ini:

seo pada arikel website/blog


Ternyata artikel saya masih di peringkat pertama. Mungkin karena keyword atau kata kuncinya tidak jauh beda ya? atau saya salah mengambil keyword? hehe. Namun tak mengapa, itu adalah hal lumrah yang terjadi pada blogger pemula seperti saya.

Sekian postingan saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini berguna bagi saya pribadi dan bagi kita semua, amiin. Terima kasih atas kunjungan Anda, wassalam.
Latest

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

tips blogging yang anda sampaikan sangat bermanfaat dan inspiratif sekali.
cara membuka situs yang diblokir


EmoticonEmoticon